Sabtu, 14 Mei 2011

Review: Samsung Galaxy Mini S5570

Setelah menerbitkan 2 artikel yang berhubungan yakni Spesifikasi Samsung Galaxy Mini dan 4 Ponsel Android Murah Di Indonesia. Kini, saya sudah mendapatkan ponsel Galaxy Mini untuk di review.

Sudah banyak situs maupun blog yang membahas seputar Galaxy Mini belakangan ini. Contohnya, Info, Spesifikasi, Harga hingga Review Galaxy Mini pun disediakan. Nah, di blog ini juga saya akan kupas tuntas semua fitur yang ada pada Samsung ber-nomor seri S5570 ini. Apa saja ya kelebihannya?

DESAIN
Foto 360':
(Gunakan Browser yang mendukung Flash untuk melihat foto ini)



Galaxy Mini yang satu ini memiliki desain yang ergonomis dengan bentukan sedikit melingkar dan layar yang memenuhi bodi depan yang juga ditemani 3 tombol di bawah layar sentuh kapasitifnya. Dan di depan bodi juga terdapat earpiece dan juga sensor.



Di bagian bodi kiri saya menemukan 2 tombol volume yang berfungsi untuk menaikkan/menurunkan suara yang keluar dari speaker Galaxy Mini. Lalu, di bagian kanan terdapat tombol power yang dapat digunakan untuk menghidupkan/mematikan ponsel dengan cara menahan tombolnya dan sebuah slot kartu MicroSD yang dapat menampung besaran Memori hingga 32GB.


Beralih ke bagian atas bodi, anda dapat melihat sebuah penutup yang ketika dibuka akan menunjukkan sambungan untuk charger sehingga anda dapat men-charge Galaxy Mini Anda jika kehabisan Life Baterainya. Dan disamping colokan charger tersebut, terdapat 3.5mm Audio Jack yang dimanfaatkan untuk mendengarkan musik atau suara lewat headset anda.

Dan, di belakang bodi Ponsel Android ini ada kamera 3.2MP tanpa LED-Flash. Juga, ada speaker di bawah kamera yang berjarak sedikit jauh. Sedangkan di bawah bodi Galaxy Mini, saya tidak menemukan satu tombol pun yang ada.


LAYAR

Seperti yang sudah saya bilang, ponsel ini sudah memiliki layar sentuh kapasitif TFT seluas 3.2inci. Saat pertama anda menggunakannya, anda akan melihat sebuah wallpaper biasa yang terpampang di depan layar dengan widget-widgetnya. Anda dapat mengubah wallpapernya menjadi live wallpaper dengan cara menahan jari anda pada layar homescreennya, lalu pilih Wallpaper>Live Wallpaper, di sana ada 1 yang tersedia. Dan jika kurang puas dengan Live Wallpaper Tersebut Anda juga dapat mendownloadnya lewat Android Market.

Homescreen yang dapat ditampilkan pada layar maksimal hanya 7 saja.

Tampilan Layar (SMS) Portrait
Tampilan Layar (SMS Lanscape

Tampilan Layar (Pemutar Musik) Lanscape


Tampilan Layar Homescreen 1

Tampilan Layar Homescreen 2

Tampilan Layar Menu


SISTEM OPERASI

Samsung selain menawarkan harga yang cukup murah untuk sebuah Ponsel Android, vendor asal Korea tersebut juga telah menyuntikkan OS Android 2.2 Froyo (tapi, belum diketahui apakah Galaxy Mini dapat di upgrade ke Gingerbread). Dengan itu, tampilannya pun menjadi sangat menarik.

KAMERA

Di sektor ini, saya telah menyediakan beberapa hasil foto Galaxy Mini yakni Indoor (siang dan malam dengan modus malam) dan Outdoor (siang dan malam dengan modus malam).

Hasil Foto Kamera 3.2MP Samsung Galaxy Mini S5570 (Indoor)
Foto Di Siang Hari


Foto Di Malam Hari



Hasil Foto Kamera 3.2MP Samsung Galaxy Mini S5570 (Outdoor)
Foto Di Siang Hari


Foto Di Malam Hari


Silakan Anda nilai sendiri.

MEDIA

Fitur Media yang ada di Ponsel Galaxy Mini diantaranya adalah pemutar musik, pemutar video, rekam video, rekam audio dan Radio FM. Untuk Rekam video, Galaxy Mini memiliki Rekam Video QVGA@30fps. Jadi, jangan heran jika rekamannya tidak sebagus ponsel Android lain. Rekam Video yang dihasilkan berformat MP4. Masih di sektor Video, Ponsel ini mampu memutar video berformat DivX/Xvid. Bagi Anda yang ingin mendengarkan Radio, gunakan headset Anda sebagai Antena Radio.

INTERNET

Sudah menjadi ciri khas ponsel Android untuk menyematkan koneksi 3G/HSDPA dan Wi-Fi pada ponsel Android. Begitu juga dengan Galaxy Mini, dengan fasilitas itu anda akan dapat berselancar di dunia maya tanpa hambatan alias lancar terkendali (tapi, itu tergantung pada kestabilan jaringan internet operator juga). Apalagi, jika di tempat Anda terdapat sinyal hotspot pasti Anda dapat ber-internet ria gratis lewat Wi-Fi.

KONEKTIVITAS

Sudah ada Bluetooth with A2DP, Slot MicroUSB, kurang apa lagi? Pokoknya, Galaxy Mini sudah dipenuhi konektivitas yang lengkap.

APLIKASI

Samsung Galaxy Mini selain mempunyai aplikasi dari mbah Google, juga ada aplikasi tambahan seperti Samsung Apps, Mobile AP, SNS, Social Hub, dll. Kalau masih kurang lengkap, Anda dapat mendownload langsung aplikasi dan gamesnya di Android Market (GRATIS!!!)

BATERAI

Dengan baterai Li-ion 1350 mAh, Androidphone ini dapat bertahan hidup selama 1 hari sebelum akhirnya di charge.

PAKET PENJUALAN



KESIMPULAN

Dengan harga Rp 1.5jutaan, sepertinya Galaxy Mini patut dipertimbangkan mengingat fitur yang ada didalamnya selain lengkap juga mumpuni tak kalah dengan ponsel pesaing beratnya (LG Optimus ME). Yang menjadi hal negatif adalah kamera tanpa flash. Ya, sekarang semua terserah Anda saja. Apa Anda berminat membeli Samsung Galaxy Mini S5570 ini atau tidak?


Related Post:

13 komentar:

Agus mengatakan...

hmm, hasil fotonya bikin ngiler.. Hehe, harga yg pantas dg fitur diatas rata2.. Maju terus Galaxy Series.. :D
Btw Kok ga pake aplikasi screenshot aja gan biar lebih enak klo mau nampilin layar hp, ane juga pake klo mau bikin tutorial sederhana yg kebetulan bisa langsung praktek.. :))

Amiran mengatakan...

hehe, iya jg sih. . . ane dr td nyari aplikasinya di android market ga nemu2, nama aplikasinya apa ya?

Sungai Awan mengatakan...

layarnya lebar
lega terasa mas ya

Niko mengatakan...

port USB dan chargenya mana?

Amiran mengatakan...

@tomo, ho'oh
@Niko, port USBny di bodi atas (chargenya jg pk port USB)

Fadli mengatakan...

Mas Admin, ijin Copas hasil Kameranya ya, buwad saya ikutan My Galaxy Review.. Please.

Amiran mengatakan...

silakan gan. . .

Anonim mengatakan...

wow, hebat ya admin blog ini, bs bikin foto ponsel 3D with flash. ;) deh...

Btw, ada MobileAPnya kan? Bs upgrade ke GB ga?

Amiran mengatakan...

@anonym, :D itu cm kopas aj gan. . . Liat aj ad tulisan gsmarena.com di bawah kanannya. . . :|
GB? Maksudny GingerBread? Lum bs, soalny lum ad pengumuman dr Samsung

Anonim mengatakan...

;;) begitu ya. . . Lalu, mobileapny ad ga di galaxy mini, sob?

Amiran mengatakan...

ada gan. . . Utk aktifinny ke setting - wireless connectivity - Wi-Fi - MobileAP

:)

tokekngeblog mengatakan...

Galmin emang mantap baru kemaren ane beli di coba wih mantap walaupun cuma kekurangan di fitur kamera, ram, n kedalaman warna :) , tapi buat performa wihh gak main2:D

Unknown mengatakan...

mantep dah..

Posting Komentar

Silakan Beri Komentar Anda Di Bawah Ini